Cara Paling Ampuh Basmi Rayap



Di antara serangga perusak, rayap merupakan jenis yang paling mengganggu dan membuat para pemilik rumah merasa tidak nyaman. Hanya rayap yang dapat merusak struktur bangunan rumah hanya dalam hitungan tahun.

Faktanya kebanyakan orang tidak langsung menyadari serangan dari serangga ini pada tahun-tahun pertama, dan saat menyadarinya mungkin telah terlambat. Kerusakan yang diakibatkan rayap umumnya tidaklah murah, mereka menggerogoti kusen, lantai kayu, rangka atap, kitchen set, furniture, lapisan plafon, hingga dokumen-dokumen berharga yang notabene terbuat dari bahan kertas.

Oleh sebab itu Anda harus melakukan langkah-langkah yang tepat untuk melindungi rumah atau aset berharga lainnya dari serangan rayap serta menyingkirkan rayap dengan sesegera mungkin apabila serangga ini telah menyerang. Lalu apakah cara yang ampuh untuk mencegah dan mengatasi serangan serangga perusak ini?

Mungkin ada banyak cara untuk mengatasi rayap, mulai dari cara-cara sederhana dan dengan bahan-bahan yang bisa Anda dapatkan di sekitar Anda (ada banyak tips yang Anda bisa baca di internet). Namun penanganan yang sederhana saja tentu tidak akan mampu mengatasi rayap hingga tuntas. Untuk itu, berikut kami informasikan beberapa metode yang telah terbukti mengatasi rayap hingga tuntas, beberapa metode ini umumnya diterapkan oleh Perusahaan Jasa Pembasami Rayap Professional.

Cara Paling Ampuh Basmi Rayap

1. Membuat perisai kimia pada masa pra kontruksi

Cara pertama adalah membuat perisai kimia, yaitu dengan memasang cairan anti rayap atau termitisida pada tanah di dasar bangunan yang belum jadi atau akan dibangun.

Cara ini adalah dengan menyemprotkan cairan anti rayap ke galian pondasi dengan dosis yang direkomendasikan. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan alat penyemprot bertekanan tinggi (power sprayer) sehingga cairan anti rayap dapat benar-benar meresap dan menyebar ke dalam tanah. Tunggu hingga 12 jam atau lebih agar cairan anti rayap sempurna meresap ke tanah, kemudian baru Anda bangun pondasi dan melakukan pengurukan serta memasang lantai kerja.

Pemasangan perisai kimia pada masa pra kontruksi ini efektif untuk melindungi bangunan Anda dari serangan rayap selama minimal 5 tahun.

2. Injeksi

Perlakuan injeksi adalah untuk bangunan yang sudah jadi, yaitu dengan cara menyuntikkan cairan anti rayap melalui lantai.

Cara ini dilakukan dengan melakukan pengeboran pada lantai di sekeliling bangunan dengan jarak antar lubang antara 30 – 60 cm, dan kemudian suntikan cairan anti rayap dengan dosis 1 – 3 liter per lubang injeksi dengan menggunakan alat penyemprot bertekanan tinggi agar cairan meresap ke dalam tanah. Setelah proses penyuntikan selesai tutup kembali lubang-lubang tersebut dengan rapih.

Perlakuan dengan cara sistem injeksi umumnya dapat mencegah serangan rayap selama jangka waktu minimal 3 tahun.

3. Perlakuan pada kayu

Anda juga dapat mencegah serangan rayap dengan menerapkan perlakuan pada kayu. Ada banyak teknik yang digunakan untuk perlakuan pada kayu, di antaranya adalah dengan cara mengolesi, merendam, menyemprot (spray), atau menyuntik kayu dengan cairan anti rayap. Kesemua teknik itu pada dasarnya sama, yaitu agar rayap tidak mau memakan kayu.

Agar cara ini efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal, maka usahakan cairan anti rayap mengenai keseluruh bagian-bagian kayu. Akan lebih baik lagi perlakuan ini dilakukan sebelum material berbahan kayu masuk atau terpasang pada bangunan.

Khusus perlakuan pada kayu yang sudah terserang rayap, Anda harus menyuntikan cairan anti rayap ke lubang-lubang yang dibuat oleh rayap pada kayu tersebut agar rayap di dalamnya mati terkena cairan.

4. Sistem umpan

System umpan adalah cara membasmi rayap dengan pemberian umpan khusus yang dapat Anda beli di pasaran. Ada dua teknik pemasangan umpan yang Anda perlu ketahui, yaitu untuk di dalam ruangan dan di luar ruangan.

Untuk pemasangan umpan di dalam ruangan, Anda harus mengatahui posisi rayap yang sedang aktif. Hal itu dapat Anda ketahui dengan cara mengetuk-ketuk kayu yang terserang rayap seperti kusen pintu atau jendela, jika di dalam kayu tersebut terdapat rayap aktif maka akan terdengar suara berderik yang dikeluarkan rayap. Lubangi pada posisi tersebut dan pastikan Anda melihat ada rayap di dalamnya, kemudian masukkan umpan ke dalam lubang tersebut dan tutup kembali seperti semula. Jika langkah tersebut dilakukan dengan benar, maka rayap akan mati dalam hitungan minggu.

Anda juga dapat memasang umpan pada jalur-jalur rayap di dinding atau kayu dengan menggunakan kotak umpan khusus, usahakan Anda tidak merusak jalur-jalur rayap saat melakukan pekerjaan.

Untuk perlakuan pada luar ruangan Anda dapat menggunakan model umpan rayap yang dikemas dengan pipa khusus yang dapat Anda peroleh di pasaran. Cara ini adalah dengan menanam pipa-pipa umpan tersebut ke tanah yang terdapat indikasi rayap.

Perlakuan anti rayap dengan system umpan ini sangat efektif membunuh rayap hingga ke sarangnya, karena umpan-umpan tersebut akan dibawa oleh rayap pekerja ke dalam sarangnya serta membunuh isi sarang.

5. Panggil Jasa Professional

Beberapa cara yang kami berikan di atas sejauh ini merupakan cara-cara yang paling ampuh untuk mengatasi rayap, dan umumnya cara-cara tersebut diterapkan oleh Perusahaan Jasa Pembasmi Rayap. Mungkin Anda ingin mencoba menerapkan cara-cara ampuh tersebut. Atau Anda ingin cara yang lebih praktis? Sebaiknya Anda memanggil Jasa Professional. Semoga info yang kami berikan di atas bermanfaat.

Pelajari lebih lanjut tentang Rayap
  • Jasa Pembasmi Rayap